Data Spasial dan Data Non-Spasial (Atribut) - Tugas 4

Teknik Informatika Unsrat




Sistem Informasi Geografi dapat mendiskripsikan data-data geografis seperti dibawah ini :
  1. Data spasial yang berkaitan dengan posisi pada koordinat tertentu.
  2. Data non spasial (atribut) yang tidak berkaitan dengan posisi berupa warna, nama, dan sebagainya.   Data spasial. 
 SIG yang berisi informasi lokasi (informasi spasial) contohnya adalah informasi lintang dan bujur, termasuk diantaranya informasi datum dan proyeksi. Contoh lain dari informasi spasial yang bisa digunakan untuk mengidentifikasikan lokasi misalnya adalah Kode Pos.

Data spasial adalah data yang memiliki referensi ruang kebumian di mana berbagai data atribut terletak dalam berbagai unit spasial. Sekarang ini data spasial menjadi media penting untuk perencanaan pembangunan dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan pada cakupan wilayah continental, nasional, regional maupun lokal.
Data atribut merupakan data yang mempresentasikan aspek-aspek deskripsi/penjelasan dari suatu fenomena di permukaan bumi dalam bentuk kata-kata, angka, atau tabel. Data atribut berfungsi untuk menggambarkan gejala topografi karena memiliki aspek deskriptif dan kualitatif. Oleh karena itu, data atribut sangat penting dalam menjelaskan seluruh objek geografi. 

SIG juga dapat di representasikan ke dalam dua format yaitu : Vektor dan Raster.

Vektor yaitu data yang diperoleh dalam bentuk koordinat titik yang menampilkan, menempatkan dan menyimpan data spasial dengan menggunakan titik, garis atau area (poligon). Terdapat tiga tipe bentuk data vektor (titik, garis, dan poligon) yang bisa digunakan untuk menampilkan informasi pada peta.
Raster yaitu Data raster adalah data yang disimpan dalam bentuk kotak segi empat (grid)/sel sehingga terbentuk suatu ruang yang teratur. Foto digital seperti areal fotografi atau foto satelit merupakan bagian dari data raster pada peta. Raster mewakili data grid continue.

sumber :
http://pend-geografi.ump.ac.id/index.php/artikel/74-memahami-sig
http://www.geologinesia.com/2016/01/jenis-jenis-data-spasial-sig-sistem.html

Komentar

  1. ok Penjelasannya bermanfaat sekali....
    Kunjungi juga :
    www.atmaluhur.ac.id & https://ikhwan.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/beranda

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Proyeksi Peta (Proyeksi UTM) - Tugas 5